Tuesday, November 24, 2009

kata mutiara..

Di dunia ini memiliki beberapa macam orang bijaksana. Orang yang terbijaksana tidak suka berbicara, kalau berbicara karena ia diminta orang untuk berbicara.

Demi konsep pikiran kita lahir, demi konsep pikiran kita mati, dan demi konsep pikiran pula kita terbebas dari roda kelahiran dan kematian; maka konsep pikiran harus tepat, agar kita tidak salah membimbing orang lain.

Lebih baik bersiap perang daripada berharap bahwa musuh tidak pernah datang atau menyerah.

Mereka yang yakin akan menang akan melakukan penyerangan.

Menyerang tiba-tiba adalah salah satu kunci keberhasilan.

Lebih memalukan untuk tidak dipercayai daripada ditipu oleh teman sendiri.

Seorang teman sejati akan membuat anda hangat dengan kehadirannya, mempercayai akan rahasianya dan mengingat anda dalam doa-doanya.

Anak-anak membutuhkan kekuatan untuk bersandar, membutuhkan pundak untuk menangis dan membutuhkan contoh untuk mempelajari sesuatu dari seseorang.

Kualitas pemimpin ditentukan oleh : 1. Kebijaksanaan. 2. Kepercayaan diri. 3. Belas kasihan. 4. Keberanian. 5. Keteguhan.

Bila anda ingin menjadi seorang pemimpin yang baik, anda harus berpikir dan bertingkah laku seperti pemimpin yang baik, maka dengan sendirinya profesi tersebut akan menjadi milik anda.

Sebagian besar orang akan mengancam bila keadaannya sudah terdesak dan dirinya telah diliputi perasaan takut, tetapi sebagian lagi akan melakukannya karena tidak ada pilihan lain.

Jika anda tidak bisa menjadi orang pandai, jadilah orang yang baik.

Prasangka adalah anak dari kebodohan.

Kenangan indah masa lalu hanya untuk dikenang, bukan untuk diingat-ingat.

Lebih baik memiliki banyak rencana yang belum terlaksana daripada tidak mempunyai rencana sama sekali.

Segala hal yang lahir akan mati, tetapi cahaya kehidupan yang dipancarkan akan selalu bersinar selamanya.

Yang pertama belum tentu yang terbaik, tetapi yang terbaik biasanya yang terakhir.

Seni menjadi bijaksana adalah tahu apa yang harus diabaikan.

Kebahagiaan datang jika kita berhenti mengeluh tentang kesulitan-kesulitan yang kita hadapi, dan mengucapkan terima kasih atas kesulitan-kesulitan yang tidak menimpa kita.

Jika anda berpikir tentang hari kemarin tanpa rasa penyesalan dan hari esok tanpa rasa takut, berarti anda sudah berada dijalan yang benar menuju sukses.

Semakin banyak anda berbicara tentang diri sendiri, semakin banyak pula kemungkinan untuk anda berbohong.

Pikiran yang terbuka dan mulut yang tertutup merupakan suatu kombinasi kebahagiaan.

Apapun kesalahan kekasih anda, bila anda benar-benar mencintai dia tulus hati, jangan pernah anda menyakiti dia, apalagi dengan kekerasan.

Terimalah kekasih anda dengan apa adanya dia, maka cinta kasih suci akan bersemi pada hubungan anda dan kekasih anda.

Di dalam kasih selalu terdapat : 1. Kesabaran. 2. Kemurahan hati. 3. Ketidak sombongan.

Dimana ada pengampunan di situ banyak kasih.

Raja mengatur orang. Orang bijak mengatur raja.

Kehormatan manusia adalah pengetahuannya. Orang-orang bijak adalah suluh yang menerangi jalan setapak kebenaran. Di dalam pengetahuan terletak kesempatan manusia untuk keabadian. Sementara manusia bisa mati, kebijakan hidup abadi.

Orang bijak adalah dia yang hari ini mengerjakan apa yang orang bodoh akan mengerjakannya tiga hari kemudian.

Kuingat kata-kata mutiara yang menusuk dalam batin. "Orang mulia menyalahkan dirinya, orang bodoh menyalahkan orang lain" Mengenal diri yang paling penting, adalah utama demi kesadaran jagat raya. Berarti pula memahami kesalahan, serta kekeliruannya masing-masing. Semakin banyak yang dipikirkan. Semakin banyak yang dibutuhkan. Berarti semakin menumpuk pula resikonya. Menunggu sangatlah mengesalkan, membosankan dan menggelisahkan. Meskipun duduk dalam mobil mewah dan cukup makanan. Apalagi ulahnya orang pemalas. Yang seumur-umur hanya menunggu waktu yang tidak kunjung berakhir. Mendidik bukan hanya dengan nasihat saja. Sebab yang menjadi sukses adalah memberikan contoh dengan perbuatan yang baik. Sesuai dengan apa yang dikatakannya. Jangan lain di kata lain di perbuatan. Semua yang ada di sekitar kita, meskipun tinggi nilainya, tidak ada artinya sama sekali. Tampaknya seakan semua gersang, jika kita terjangkit penyakit bosan. Sesuatu yang baik, belum tentu benar. Sesuatu yang benar, belum tentu baik. Sesuatu yang bagus, belum tentu berharga. Sesuatu yang berharga/berguna, belum tentu bagus.

No comments:

Post a Comment