Thursday, March 11, 2010

Amungme menggugat, Freeport bereaksi

Hari ini, Senin 8 Maret 2010, pada jam 10.00 WIB, masyarakat suku Amungme Papua melakukan gugatan I terhadap PT. Freeport Indonesia, atas perampasan tanah adat yang dilakukan oleh perusahaan tambang tersebut selama 43 tahun, melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Namun gugatan senilai US $ 50 milyar [US $ 20 milyar dan US $ 30 milyar] itu ditanggapi oleh Freeport sebagai mengada-ada melalui juru bicaranya, Budiman Moerdijat yang dari namanya mungkin seorang WNI.

"Gugatan hukum sebelumnya terhadap Freeport dengan tuduhan serupa adalah tidak berdasar dan telah ditolak baik oleh pengadilan di Indonesia maupun Amerika Serikat disebabkan ketidakmampuan para penggugat mengikutsertakan bukti-bukti guna mendukung tuduhan-tuduhan mereka yang tidak berdasar," Demikian dikatakan juru bicara Freeport Indonesia, Budiman Moerdijat.

Pius Ginting dari Wahana Lingkuangan Hidup (WALHI) yang mendampingi suku Amungme mendaftarkan gugatan di PN Jakarta Selatan, menjelaskan bahwa Freeport digugat karena telah merusak tanah ulayat yang menimbulkan kerusakan lingkungan, perampasan tanah dan persoalan HAM.

Budiman kembali menegaskan, "Freeport telah mematuhi semua undang-undang dan peraturan Pemerintah Indonesia yang berlaku berkaitan dengan hak atas tanah. Kesepakatan kami dengan masyarakat suku Amungme pada tahun 1974 merupakan pelopor rekognisi di Indonesia terhadap hak masyarakat adat atas tanah (hak ulayat) yang tidak dimanfaatkan untuk berburu dan mencari hasil hutan."


*Hai tanahku Papua*

Hai tanahku Papua
Kau tanah lahirku
Kukasih akan dikau
Sehingga ajalku

Kukasih pasir putih
Di pantaimu senang
Di mana lautan biru
Berkilat dalam t’rang

Kukasih bunyi ombak
Pemukul pantaimu
Nyanyian yang selalu
Senangkan hatiku

Kukasih gunung-gunung
Besar mulialah
Dan awan yang melayang
Keliling puncaknya

Kukasih hutan-hutan
Selimut tanahku
Ku suka mengembara
Di bawah naungmu

Kukasih engkau tanah
Yang dengan buahmu
Membayar kerajinan
Dan pekerjaanku

Syukur bagimu Tuhan
Kau brikan tanahku
B’ri aku rajin juga
Sampaikan maksud Mu

-----pilih salah satu lagu pilihan anda-------------------

*maju tak gentar*

Maju tak gentar
Membela yang bayar
Maju tak gentar
freeport-ku diserang

Maju serentak
Mengusir papuan
Maju serentak
Tentu freeport menang

No comments:

Post a Comment