Sunday, November 15, 2009

Anak 18 Tahun, Jadikan Web Simple

Mungkin kita kurang mengenal Aviv Refua. Tapi kita telah akrab dengan hasil karyanya yang brilian dan membuat selancar web jadi mudah.

Saat akan surfing web, kita cukup mengetik - indotarget, dan tidak perlu menulis lengkap seluruh alamat situs misalnya http://indotarget.blogspot.com. Dan ajaib browser akan membawa ke situs web yang benar.

Refua merupakan penulis perangkat lunak untuk menjalankan hal itu. Yang mencengangkan dia melakukan itu ketika masih berusia 18 tahun.

"Apa yang saya bilang ke orangtua 10 tahun yang lalu adalah bahwa saya punya ide untuk membuat web lebih ramah," ujarnya.

Aviv mulai membangun sebuah perusahaan, mengajukan paten dan kemudian pergi untuk melakukan wajib militer Israel.

Perusahaannya, Netex memenangkan paten untuk perangkat lunak itu satu dekade kemudian, di mana perusahaan internet paling besar sudah menggunakannya.

"Apa yang akan kami lakukan adalah menawarkan lisensi agar perusahaan-perusahaan AS menggunakan teknologi kami," ujar Aviv.

Netex awalnya belum menerima hasil. Tetapi saat kata paten sampai ke bursa saham Israel, nilai saham perusahaannya melonjak lebih dari 100 persen. Sekarang Aviv (28) memimpin perusahaan dengan nilai sekitar US20 juta.

Sebanyak 55 karyawan tidak hanya duduk-duduk menunggu izin paten yang menggelinding masuk. Namun Netex juga meluncurkan springo.com, sebuah situs web yang dirancang untuk membuat navigasi web sedikit lebih user friendly.[ito]

No comments:

Post a Comment