Sunday, November 15, 2009

Ilmuwan Ciptakan Penis Buatan

Jakarta- Para peneliti berhasil membuat penis kelici buatan dengan menggunakan sel-sel dari binatang lainnya. Penis itu kemudian digunakan untuk menghasilkan anak kelinci.

Pekerjaan tersebut membuat para ilmuwan lebih dekat untuk membuat organ-organ padat kompleks lainnya, seperti hati dengan menggunakan sel-sel pasien sendiri, para peneliti di Proceedings of the National Academy of Sciences melaporkan.

Dr Anthony Atala dari Universitas Wake Forest, Institut Baptist Medical Center for Regenerative Medicine, yang memimpin studi mengatakan, "Setelah jaringan ditanam, tubuh mengakui jaringan sebagai miliknya sendiri."

Dr Atala fokus pada penis karena ia adalah ahli urologi pediatrik, yang selama bertahun-tahun khusus menangani gangguan dan cacat bawaan dari organ-organ seksual.

"Itu merupakan inspirasi dari pekerjaan ini. Kita melihat bayi yang lahir dengan kekurangan alat kelamin sepanjang waktu. Tidak ada pilihan yang baik," katanya.

Tim Dr Atala menciptakan sebuah perancah menggunakan penis kelinci, dan mengeluarkan semua sel hidup yang ada di dalamnya dengan hanya menyisakan tulang rawan. Mereka kemudian mengambil sepotong jaringan kecil dari penis kelinci lain dan menumbuhkan sel-sel di laboratorium.

Dr Atala mengatakan pekerjaan itu telah menghabiskan waktu selama 18 tahun untuk diselesaikan. "Kami harus menemukan faktor pertumbuhan yang tepat, bahan baku yang tepat untuk menumbuhkan sel-sel di dalam," katanya.[ito]

No comments:

Post a Comment