Sunday, November 15, 2009

Tentara Legendaris Persia Ditemukan

Jakarta- Ratusan tulang dan tengkorak yang ditemukan terserak di hamparan gurun sahara bisa menjadi sebuah jawaban tentara Cambyses yang lama menghilang.

Herodotus pernah menulis tentang 50 ribu tentara yang terdiri dari orang-orang kuat yang pertama menjejakan kaki di atas padang pasir Mesir pada tahun 525 SM. Tentara tersebut tidak pernah ditemukan lagi hingga kini.

Sepasang arkeolog Italia menemukan senjata dari perunggu, gelang perak, anting-anting, dan ratusan tulang belulang manusia, dalam hamparan luas gurun Sahara. Dua orang saudara kembar Alfredo dan Angelo Castiglioni berharap bahwa mereka telah menemukan tentara Raja Persia Cambyses II yang hilang.

Menurut sejarawan Yunani Herodotus, Cambyses II dan tentaranya terkubur oleh badai pasir dahsyat di tahun 525 SM Dia menulis, "muncul angin dari selatan, kuat dan mematikan, membawa kolam pasir yang luas berputar, hingga seluruhnya menutupi tentara dan menyebabkan mereka seluruhnya menghilang."

Kini penemuan artefak ini mengarah pada misteri milenium tua. Castiglioni bersaudara mempelajari peta kuno dan berkonklusi bahwa tentara Cambyses tidak mengambil rute karavan yang dipercaya arkeolog sebelumnya.

“Sejak abad ke 19, banyak Arkeolog dan penjelajah mencari tentara tersebut sepanjang rute yang dimaksud. Mereka tidak menemukan apapun. Kami menggunakan pendekatan lain yaitu datang dari selatan,” kata Castiglioni.

“Dalam hamparan gurun liar, kami telah menemukan lokasi yang paling tepat di mana tragedi tersebut terjadi,” kata Dario Del Bufalo, salah seorang anggota tim eksplorasi dari Universitas Lecce.[ito]

No comments:

Post a Comment