Sunday, November 1, 2009

Inilah Alasan Golkar Dukung Angket Century

VIVAnews - Meski berkoalisi, Partai Golongan Karya termasuk dalam barisan pendukung penggunaan hak angket kasus Bank Century di Dewan Perwakilan Rakyat. Alasannya, Partai Golkar hanya mencari kejelasan terhadap kasus itu.

"Kita sebagai parpol yang berkoalisi dengan pemerintah perlu memberikan kejelasan, supaya presiden dan wapres bisa bekerja dengan baik," kata Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie usai acara peringatan HUT ke 45 Partai Golkar di Jakarta, Sabtu 31 Oktober 2009.

Aburizal mengatakan, pada dasarnya klarifikasi atas kasus Bank Century tersebut diperlukan. "Demi pemerintahan yang lebih baik," kata dia.

Menurut Aburizal, cara untuk mecari kejelasan oleh masing-masing parpol berbeda-beda. Namun demikian, lanjut dia, ada baiknya jika
menunggu hasil akhir audit yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan terhadap kasus tersebut. "Kita menunggu hasil akhir BPK saja dulu," kata dia.

Partai lain yang menyokong hak angket Century di DPR adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. PDI Perjuangan bahkan membentuk tim investigasi pencari fakta kasus Bank Century. Tim ini nanti membekali fraksi PDIP dengan data-data untuk pengajuan hak angket Bank Century.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam rapat DPP PDIP berpendapat ada kecenderungan konspirasi yang merugikan negara dalam pengucuran talangan dana bank Century yang kolaps itu. Sambil tim mengumpulkan data, PDIP juga menunggu audit Badan Pemeriksa Keuangan.

Pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp 6,7 triliun untuk menutupi modal bank yang digerogoti eks pemiliknya.

No comments:

Post a Comment