Sunday, April 4, 2010

Pengusaha Akui Ada Negosiasi Pajak

Pengusaha Akui Ada Negosiasi Pajak
Mereka kini senang pegawai pajak Gayus Tambunan ditahan.

Ditahannya pegawai pajak Gayus Tambunan karena keterlibatannya dalam mafia kasus pajak membuat kalangan pengusaha bertepuk tangan. Setidaknya kini ada perubahan di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

"Saya senang (Gayus ditahan). Kalau dulu pajak tertutup sekarang jadi terbuka," kata Pjs Ketua Umum Kadin Indonesia Adi Tahir kepada VIVAnews, Sabtu 3 Maret 2010.

Adi lalu menceritakan persoalan pajak yang kerap membuat pengusaha serba salah. Ia menyontohkan masalah keberatan pajak oleh pengusaha.

Kasus keberatan pajak, kata dia, biasanya ditetapkan secara sepihak oleh Ditjen Pajak. Saat melapor, biasanya wajib pajak langsung diperiksa kemudian ditetapkan statusnya. "Baru ada nego-nego. Kalau ada keluhan (soal keberatan pajak), kita harus bayar dulu, baru keluhan ditanggapi," kata dia.

Gayus sendiri sebelumnya bekerja di bagian keberatan pajak dan banding. Kini Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah menonaktifkan 10 orang atasan Gayus, termasuk direktur keberatan pajak dan banding, Bambang Heru. Ke-10 orang ini tengah menjalani pemeriksaan internal.
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment